Jumat, 20 Februari 2009

Pengaruh Genetik Pada Kecerdasan

Pengaruh Genetik Pada Kecerdasan

Beberapa orang genius yang luar biasa telah menghiasi sejarahumat manusia.Mengherankan bagi sebagian orang bahwa keturunan dari para genius itu jarang terlahir dengan kualitas mengagumkan yang sama. Jauh lebih umum bahwa anak-anak para genius itu memiliki kemampuan yang biasa-biasa saja,Contohnya:, Putra Goethe memiliki kecerdasan di bawah rata-rata, juga keadaan fisik yang lemah. Mozart memiliki banyak anak, tetapi sebagianbesar meninggal saat balita, dan walaupun salah satu dari kedua puteranya menjadi seorang komposaer, ia bukanlah tandingan ayahnya. Tren yang sama juga dapat dilihat pada para genius ilmiah: jarang keturunan mereka atau bahkan saudara kandung mereka menunjukkan bakat yang sama, perbedaan ini, walaupun nyatanya mereka semua memiliki sebagian gen yang sama, kemungkinan besar disebabkan oleh 2 faktor yaitu pengaruh lingkungan ndan mekanisme nyala padam genetik,

Sementara para genius menunjukkan kemampuan luar biasa dalam bidang tertentu, kegeniusan ini sering diringi sikap eksentrik dalam bidang lain, karena anak-anak seorang genius mengalami secara langsung keunikan orang tua mereka. Malahan, sepertinya baik factor genetic maupun lingkungan bersatu untuk mencegah munculnya kembali seorang genius didalam keluarga itu.

Dalam teori evolusi Darwin, manusia, hewan , dan tumbuhan berevolusi bermiliar-miliar tahun. Konsep utamanya adalah kelangsungan hidup yang paling layakmelalui seleksi alam. Hanya yang cukup kuat beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah dapat bertahan. Pada dasarnya, mekanisme yang terlibat dalam evolusi adalah perubahan genetik.

Gen kita mengandung informasi genetic dari masa lalu kita, termasuk gen-gen milik ikan dan reptile. Sementara dalam rahim, fetus berubah cepat melalui tahap-tahap perkembagan evolusi manusia. Dengan kata lain, embrio mengulang seluruh rangkaian evolusi, yang menunjukkan bahwa sejarah evolusi tercetak dalam gen kita. Contohnya, embrio dalam tahap-tahap awal pertumbuhan fetus memiliki bentuk seperti ikan atau reptile, karena pada suatu tahapan, pertumbuhan fetus gen-gen tersebut padam, atau jika tidak, tubuh sang ibu itu akan menolak fetus tersebut agar teraborsi

Motoo kimura, seorang ahli genetik yang terkenal dengan teori evolusi netral yang ia kembangkan sebagai reaksi atas teori evolusi Darwin, menyatakan bahwa kemungkinan sesosok makhluk hidup dapat dilahirkan sama dengan kemungkinan satu orang memenangi lotere $100 juta berturut-turut selama satu juta kali. Sebagian orang mungkin iri kepada genius dan anak-anak yang berbakat, tetapi jika mereka harus bertukar kehidupan, mungkin mereka akan menemukan bahwa para genius pun memiliki kesulitan dan penderitaan mereka sendiri. Mungkin para genius itu iri terhadap mereka yang memiliki kemampuan biasa-biasa saja. Daripada saling mengiri, seharusnya kita menyadari bahwa lahirnya kita saja adalah suatu prestasi yang ajaib.

Sumber:The Divine Message of The DNA

2 komentar:

  1. wah,artikel-mu menarik bgt nih.......
    bs menambah perbekalan ilmu kita semua.......
    ^^

    ayo,masukin lg artikel2 ilmiah yg menarik lg........
    ditunggu y...........
    ^^

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus